7 Rekomendasi Menu Takjil di Surabaya, Favorit Semua Kalangan

2 min read

7 Rekomendasi Menu Takjil di Surabaya, Favorit Semua Kalangan

Rekomendasi Menu Takjil di Surabaya

Apa sih yang paling kamu rindukan dari Ramadhan? Kayaknya saat buka puasa jadi hal teratas yang dirindukan saat ramadhan, hehe.. Dannn buka puasa identik dengan menu takjil pastinya. Biasanya sih emak dirumah selalu nyediain berbagai makanan dan minuman untuk buka puasa.

Nah, kalau kamu lagi di Surabaya.. jangan lewatin buat berburu takjil di Surabaya. Emang apa aja ya, menu takjil yang ada di Surabaya ini? Katanya sih juga termasuk makanan khas Surabaya. Makanya, menu takjil di Surabaya ini harus banget deh ada setiap kali kamu mau buka puasa!

Surabayaasik udah ngerangkum buat kamu, rekomendasi menu takjil di Surabaya yang jadi favorit banyak kalangan. Buat siapa aja yang belum sempet masak, bisa nih dijadiin menu buka puasa yang nikmat.

Berikut 7 Rekomendasi Menu Takjil di Surabaya :

  1. Klanting
  2. Bongko Kopyor
  3. Kue Jongkong
  4. Srawut
  5. Klepon
  6. Pukis Arab
  7. Gorengan

Siap-siap tiap sore berburu takjil di Surabaya selama Ramadhan. Karena semuanya begitu menggugah selera!!

1. Klanting

Klanting ini berbahan dasar tepung tapioka dan merupakan makanan khas Jawa Timur. Rasanya sih hambar tapi karena disajikan bareng gula merah dan parutan kelapa bikin klanting jadi punya rasa manis dan gurih. Semakin menarik, karena ia punya warna merah, kuning, dan hijau.

Klanting Surabaya
Klanting Surabaya

2. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor ini juga punya rasa yang manis dan gurih. Dan ini gampang banget kamu temuin di kedai-kedai yang menjajakan makanan untuk buka puasa. Bongko Kopyor ini sendiri punya kepanjangan yaitu bubur nangka dan kelapa kopyor dan terbuat dari tepung beras dengan isian pisang.

Kalau dilihat sekilas kayak bubur sumsum tapi dengan isian yang bermacam-macam, ada roti, kelapa muda, santan, dan bubur mutiara yang dikemas dengan daun pisang.

Bongko Kopyor Surabaya
Bongko Kopyor Surabaya

3. Jongkong

Jongkong ini punya tampilan yang unik dengan warnanya bercorak ada warna hitamnya dan berbahan dasar tepung beras. Warna hitam ini didapat dari abu merang dengan rasa kenyal yang mirip dengan kue lapis. Umumnya, jongkong ini dinikmati bersama kelapa parut kukus.

Kue Jongkong Surabaya
Kue Jongkong Surabaya

4. Srawut

Srawut ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Rasanya yang manis juga cocok jadi menu berbuka puasa. Srawut ini sendiri terbuat dari singkong parut yang dikukus dengan taburan gula merah dan parutan kelapa di atasnya.

Srawut Surabaya
Srawut Surabaya

5. Klepon

Klepon ini hampir mirip dengan klanting yang penyajiannya dengan ditaburi parutan kelapa diatasnya, bedanya klepon ini punya isian gula merah yang lumer saat digigit. Klepon ini terbuat dari tepung ketan dan tepung beras. Biasanya diberi warna hijau atau kadang juga berwarna-warni.

Klepon Surabaya
Klepon Surabaya

6. Pukis Arab

Kamu cuma bisa menemukan Pukis Arab ini di kawasan Ampel, Surabaya loh.. Sekilas Pukis Arab ini mirip dengan pukis pada umumnya, bedanya Pukis Arab ini punya bentuk seperti jamur yang berwarna oranye kecoklatan.

Pukis Arab di Surabaya
Pukis Arab di Surabaya

7. Gorengan

Kalau makanan yang satu ini emang jadi menu favorit banyak orang termasuk warga Surabaya. Jarang banget orang yang bakalan nolak kalau ada gorengan. Gorengan ini bakalan jadi kudapan nikmat untuk berbuka puasa. Beberapa gorengan yang bisa dinikmati adalah pisang goreng, tahu krispi, pisang molen, dadar jagung (bakwan), tempe mendoan, tahu isi, cakue, dan lain-lain.

Gorengan
Gorengan

Nah, itulah rekomendasi menu takjil di Surabaya. Kalau kamu mau cobain yang mana dulu nih? Atau mau borong semuanya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *