Monday, 30 Jan 2023

8 Rekomendasi Rawon di Surabaya yang Paling Enak dan Legendaris

by 
Home » 8 Rekomendasi Rawon di Surabaya yang Paling Enak dan Legendaris

8 Rekomendasi Rawon di Surabaya yang Paling Enak dan Legendaris

Mendengar kata Rawon yang ada di pikiran kita adalah Jawa Timur . Kuliner legendaris asal Jawa Timur ini memang memiliki cita rasa yang khas dan melekat, pokonya Indonesia banget. Di Jawa Timur sendiri, hidangan Rawon yang terkenal dan legend itu bisa kita jumpai di kota Pasuruan dan Surabaya. Rawon di Surabaya banyak memiliki penggemar lho seperti Rawon Setan dan Rawon Kalkulator yang memang sudah terkenal dari dulu masakannya enak.

8 Rekomendasi Rawon di Surabaya yang Paling Enak dan Legendaris
8 Rekomendasi Rawon di Surabaya yang Paling Enak dan Legendaris

Buat kamu yang baru pertama kali akan mencoba Rawon yang lezat ini, Minca akan kasih tau dulu apa aja sih yang biasanya terdapat pada suatu hidangan Rawon.

Rawon adalah suatu hidangan khas Indonesia khususnya Jawa Timur yang bentuknya seperti sup, namun warnanya hitam karena ada campuran bumbu rempah khusus namanya Kluwek. Rawon ini biasanya berisi irisan daging sapi dan dihidangkan dengan nasi, taoge pendek, daun bawang, telur asin, sambal dan kerupuk udang. Yang membuat beda rasa Rawon yang lezat antara toko satu dengan lainnya adalah dari kuah kaldu sapi dan bumbu.

Daripada masak sendiri nih membutuhkan waktu yang lumayan, kita coba keliling kulineran sekitar Surabaya yang katanya ada Rawon Legend dan tidak pernah sepi pengunjung. Untuk itu rek, kita akan Rekomendasikan 8 Rawon Enak di Surabaya yang bisa kalian coba.

8 Rekomendasi Rawon Enak di Surabaya, Legend dan Mantap Puooll Rek :

  1. Rawon Setan - Embong Malang
  2. Rawon Kalkulator
  3. Rawon Pak Pangat Wonokromo
  4. Rawon Gajah Mada
  5. Rawon Nguling
  6. Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng
  7. Warung Rawon Subedo
  8. Depot Rawon Malang MM

Kuliner khas Jawa Timur satu ini bisa kalian temui di 8 tempat diatas. Yuk kita kepoin satu-satu apa sih yang khas dan bikin legend di 8 Tempat ini.

1.Rawon Setan - Embong Malang

Dari namanya Rawon Setan kok serem ya.... Tapi tenang aja Rawon ini nggak horor kok gaes. Sang pemilik ngasih nama setan karena mereka buka sampe Malem. Lokasi mereka yang berdekatan dengan Mall juga menjadi nilai plus.

Jangan kaget ya kalau kalian berkunjung kesini banyak figura dengan berbagai foto seniman dan artis di Indonesia. Rawon setan ini sangat terkenal dan termasuk rawon legend di Surabaya. Rawon ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan rasanya juga tidak berubah. Apalagi kalian makan Rawon ditemani dengan Telur Asin, Perkedel, Paru Goreng dan Kerupuk pasti tambah maknyus.

Alamat Rawon Setan

Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Jam Buka

Rabu - Sabtu : 08.00 - 16.30 Minggu - Selasa : 08.00 - 23.00

2.Rawon Kalkulator

Rawon kalkulator ini sangat ramai pengunjung karena mereka berjualan sampai dini hari. Lokasinya yang berada di sentra PKL Taman Bungkul dan mudah dijangkau membuat mereka tidak pernah sepi pengunjung. Rawon Kalkulator ini mereka mendapatkan julukan kalkulator karena menreka menghitung dengan cepat tanpa menggunakan kalkulator.

Jika berunjung kesini kalian akan disuguhi nasi rawon dengan potongan daging yang besar dan taoge pendek yang banyak. Kemudian dipadukan dengan sambal terasi dan kerupuk udang beuuh mantap pokoke.

Alamat Rawon Kalkulator

Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya

Jam Buka

Minggu - Jumat : 08.00 - 00.00 Sabtu : 08.00 - 01.00

3.Rawon Pak Pangat Wonokromo

Rawon Pak Pangat sangat direkomendasikan sih kalau kamu berkunjung ke Surabaya. Disini kalian bisa memilih Rawon dengan berbagai macam menu seperti Rawon Suwir, Rawon Krengseng, Rawon Campur dan Nasi Campur. Disini terkenal sama Rwon Krengsengnya yang maknyus. Rawon Suwir itu kalau kita lihat seperti daging yang disuwir seperti Abon kemudian ditaburkan diatasnya.

Ditambah tempatnya yang nyaman dan parkirnya yang luas membuat pengunjung betah untuk menyantap Rawon disini bersama teman atau keluarga.

Alamat Rawon Pak Pangat Wonokromo

Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Selatan I , No.15, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya

Jam Buka

Senin - Minggu : 06.30 - 20.00

4.Rawon Gajah Mada

Rawon satu ini tidak boleh kamu lewatkan karena mereka punya banyak menu Rawon dengan berbagai jenis topping. Kombinasi menu Rawon disini ada Rawon Empal, Rawon Paru, Dendeng bahkan lidah. Ada juga menu selain rawon yang tersedia seperti Nasi Oseng, Nasi Pecel dan Nasi Campur. Menu Favorit disini adalah Nasi Rawon Empalnya dimana dagingnya meresap dengan sempurna dan empuk. Hraga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Alamat Rawon Gajah Mada

Ruko Grand A Yani No. 151 Kav 1-3, Jl. Frontage A Yani, Jl. Jemur Ngawinan, Wonocolo, Kota Surabaya

Jam Buka

Senin - Minggu : 17.30 - 01.00

5.Rawon Nguling

Rawon Nguling ini adalah Rawon yang sangat legend karena mereka mulai berjualan dari tahun 1940. Rawon ini pun aslinya bukan berasal dari Surabaya loh,,, melainkan dari kota sebelah yaitu Malang.

Ciri khas dari rawon ini adalah mereka menggunakan daging yang banyak lemaknya. Menu yang disajikan ada Rawon Iga, Rawon Daging, Rawon Buntut, Rawon dengkul dan Gulai Kambing. Jadi buat kalian yang kurang suka lemak bisa pesan menu rawon empal atau iga yang dagingnya empuk.

Selain itu Rawon Nguling ini juga bisa dipesan delivery order lewat aplikasi. Apalagi kalau kalian yang kangen sama Rawon Nguling tapi jauh di luar kota bisa pesan Rawon Frozen dan bisa siap kiri seluruh Indonesia. Hebat loh ngak perlu jauh-jauh sampai Surabaya.

Alamat Rawon Nguling

Jl. Raya Kendangsari Industri No. 41B, Kendangsari, Kecamatan Tenggilis, Mejoyo, Kota Surabaya

Jam Buka

Senin - Minggu : 07.00 - 21.00

6.Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng

Kalau Rawon satu ini adalah Rawon yang sedang Viral di sosial media. Jadi jangan kaget ya kalau sampai sana kalian harus rela antri demi mendapatkan seporsi Rawon.Rawon ini viral karena emang rasanya yang enak dan ruame banget, antri dan buka sampai tengah malam. Selain itu disini mereka juga punya menu yang unik yaitu nasi pecel yang dicampur sama rawon yang segar. Kalian juga akan menikmati sensasi makan Nasi Rawon dengan duduk lesehan di depan ruko yang ada di daerah Pasar Pucang.

Alamat Nasi Rawon Pucang Moroseneng

Jalan Pucang Anom No. 17, Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya

Jam Buka

Senin - Minggu : 18.00 - 03.30

7.Warung Rawon Subedo

Warung Rawon Subedo juga tidak kalah legend nih. Kalian akan disuguhi rawon dengan risan daging yang besar dan empuk dan meresap sampai dalam. Rasanya juga dari dulu tidak berubah. Apalagi ditambah warungnya yang bersih menjadikan rasa nyaman saat makan disana. Namun dengan keterbatasan lahan yang hanya menampung setidaknya 10 orang, kalian bisa memesan Ramen Subedo lewat aplikasi online ya.

Alamat Warung Rawon Subedo

Jl. Simo Magersari No.34, Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya

Jam Buka

Senin - Minggu : 05.00 - 12.00 ,18.00 - 21.00

8.Depot Rawon Malang MM

Warung Rawon Malang yang ada di daerah Genteng ini punya rawon yang rasanya khas dan segar yang dipadukan dengan tauge dan daun bawang yang masih fresh menambah cita rasa kuah rawonnya. Apalagi kalau ditambah dengan topping telur asin dan kerupuk lahap deh makannya. Lokasi Depot Rawon juga mudah dijangkau dan nyaman untuk dine in bareng teman kantor atau keluarga. Jadi ajak rombongan kesini sangat direkomendasikan.

Alamat Depot Rawon Malang MM

Ruko Kayoon, Jl. Kayoon No. 46 E, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

But Kalian yang berkunjung ke Surabaya atau memang warga Surabaya yang sedang mencari Rawon enak pilihlah dari ke 8 Warung diata. Rekomendasi Warung Rawon ini sangat beragam ada yang Legend dari tahun 90-an ada juga yang Viral karena rasanya enak dan unik. Rawon bisa juga dijadikan oleh-oleh buat keluarga dirumah dengan membeli versi frozennya ya.

KAMU PERLU TAHU

3 Rekomendasi Tempat Outbound di Surabaya, Asli Serunya!

3 Rekomendasi Tempat Outbound di Surabaya, Asli Serunya! Weekend kali ini enaknya ngapain ya?? Ya kali cuma di rumah doang.. agendain dong keluar rumah gitu yang seru-seru gitu, berpetualang di alam terbuka misalnya. Hmmm.. sepertinya ide menarik, udah lelah dengan segala rutinitas butuh refreshing nihh.. Kamu bisa cobain outbound!! Kamu bisa ajak siapa aja nih […]

Read More
13 Rekomendasi Catering wedding di Surabaya, Lancarkan Moment Sakralmu!

13 Rekomendasi Catering wedding di Surabaya, Lancarkan Moment Sakralmu! Gimana acara wedding kamu persiapannya udah sampe mana? Atau masih bingung milih vendor ini itu yang terbaik yang mana, kok kayaknya semuanya oke terus yang sesuai budget yang mana yaa..?? Mau bagaimanapun memang harus dipikirkan secara matang yaa, jangan sampai asal pilih.. Secara kan ini adalah […]

Read More
10 Rekomendasi Nasi Pecel di Surabaya Paling Enak dan Legendaris, Ruame Polll

10 Rekomendasi Nasi Pecel di Surabaya Paling Enak dan Legendaris, Ruame Polll Kalau ditanya kuliner khas Jawa Timur itu apa, Pasti Nasi Pecel masuk dalam salah satu daftarnya. Nasi Pecel merupakan makanan khas Ponorogo berupa nasi, macam-macam sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Selain di Ponorogo dan Jawa Timur, makanan ini jua cukup populer […]

Read More